Kamis, 07 Maret 2013

Sistem Informasi

A. Pengertian

Pengertian Sistem Informasi – Secara umum Sistem Informasi dapat definisikan sebagai suatu system dari suatu organisasi yang merupakan kombinasi  dari suatu teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.  Dalam arti yang sangat luas, istilah system informasi yang sering digunakan merujuka pada interaksi antar orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Definisi Sistem Informasi – menurut Mc Loed informasi merupakan system yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.
Sistem Informasi adalah data yang dikumpulakan, dikelompokan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya. (Tafri D. Muhyuzir, 2001, 8).

Suatu sistem informasi pada dasarnya terbentuk melalui suatu kelompok kegiatan operasi yang tetap, yaitu:
1.      Mengumpulkan data
2.      Mengelompokkan data
3.      Menghitung
4.      Menganalisa
5.      Menyajikan laporan
Sasaran sistem informasi adalah:
·         Meningkatkan penyelesaian tugas.
Pemakai harus lebih produktif agar menghasilkan keluaran yang memiliki mutu yang tinggi.
·         Meningkatkan efektifitas secara keseluruhan.
Sistem harus mudah dan sering digunakan.
·         Meningkatkan efektifitas ekonomi.
Keuntungan yang diperoleh dari sistem harus lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.

Sistem informasi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terintegrasi secara optimal dan berbasis komputer yang dapat menghimpun dan menyajikan berbagai jenis data yang akurat untuk berbagai macam kebutuhan.


B. Komponen Sistem Informasi
  • Sistem Informasi Manajemen


System perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahakan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem Informasi manajemen dibedakan dengan system informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis system informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.
  • Sistem Pendukung Keputusan

Bagian dari system informasi berbasis computer (termasuk system berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
  • Sistem Informasi Eksekutif

Satu jenis dari manajemen informasi system dimaksud untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan kebutuhan dari eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya internal dan eksternal keterangan relevan untuk bertemu gol strategis dari organisasi.
  • Sistem Pemrosesan Transaksi

Sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangakan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. Sistem Pemrosesan Transaksi merupakan system tanpa batas yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan external dan pimpinan bisa melihat data yang diasilkan secara langsung.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar