Pengertian
Sistem Informasi – Secara umum Sistem Informasi dapat definisikan sebagai suatu
system dari suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari suatu teknologi informasi dan aktivitas
orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan
manajemen. Dalam arti yang sangat luas,
istilah system informasi yang sering digunakan merujuka pada interaksi antar
orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Definisi
Sistem Informasi – menurut Mc Loed informasi merupakan system yang mempunyai
kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan
berbagai media untuk menampilkan informasi.
Sistem
Informasi adalah data yang dikumpulakan, dikelompokan dan diolah sedemikian
rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan informasi yang saling terkait dan
saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang
menerimanya. (Tafri D. Muhyuzir, 2001, 8).
Suatu sistem informasi pada dasarnya terbentuk melalui suatu
kelompok kegiatan operasi yang tetap, yaitu:
1.
Mengumpulkan data
2.
Mengelompokkan data
3.
Menghitung
4.
Menganalisa
5.
Menyajikan laporan
Sasaran sistem informasi adalah:
·
Meningkatkan penyelesaian tugas.
Pemakai harus lebih produktif agar menghasilkan keluaran yang
memiliki mutu yang tinggi.
·
Meningkatkan efektifitas secara keseluruhan.
Sistem harus mudah dan
sering digunakan.
·
Meningkatkan efektifitas ekonomi.
Keuntungan yang diperoleh dari sistem harus lebih besar dari biaya yang dikeluarkan.
Sistem informasi dapat diartikan
sebagai sebuah sistem yang terintegrasi secara optimal dan berbasis
komputer yang dapat menghimpun dan menyajikan berbagai jenis data yang akurat
untuk berbagai macam kebutuhan.
B. Komponen Sistem Informasi
- Sistem Informasi Manajemen
System perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu
bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh
akuntansi manajemen untuk memecahakan masalah bisnis seperti biaya produk,
layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem Informasi manajemen dibedakan
dengan system informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis system
informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi.
- Sistem Pendukung Keputusan
Bagian dari system informasi berbasis computer (termasuk system
berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung
pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
- Sistem Informasi Eksekutif
Satu jenis dari manajemen informasi system dimaksud untuk
memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan kebutuhan dari
eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya internal
dan eksternal keterangan relevan untuk bertemu gol strategis dari organisasi.
- Sistem Pemrosesan Transaksi
Sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangakan untuk
memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti
daftar gaji dan inventarisasi. Sistem Pemrosesan Transaksi merupakan system
tanpa batas yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan
external dan pimpinan bisa melihat data yang diasilkan secara langsung.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar